top of page
Cari
  • Gambar penuliswaterpro

Manfaat Air Putih

Diperbarui: 26 Jan 2022


Kandungan air dalam tubuh manusia adalah sekitar 60%-70% dari berat tubuh. Oleh sebab itu secara medis tubuh kita sangat membutuhkan air atau cairan agar kebutuhan cairan dalam tubuh tercukupi. Anjuran minum yg baik adalah minum 8-10 gelas per hari, tapi anjuran ini juga harus disesuaikan dengan kondisi tubuh dan kebutuhan asupan harian agar keadaan fisik kita tetap stabil. Bila terdapat masalah air sebaik segera di atasi. Bagi Anda yg mempunyai kebiasaan mengkonsumsi teh dan kopi, ada baiknya mulailah beralih untuk menggantinya dengan sering meminum air putih. Karena dalam air putih tidak ada kandungan kalori, lemak, karbohidrat serta gula sehingga sangat aman dan sehat untuk tubuh kita. Selain itu, manfaat air putih juga bermanfaat untuk beragam fungsi tubuh, antara lain:

  1. Membangkitkan otot Sel-sel otot yg tidak memiliki cairan yg cukup tidak akan mampu mempertahankan cairan dan elektrolit, sehingga otot akan kelelahan.

  2. Melancarkan sistem pencernaan Dengan cairan tubuh atau air putih yg tercukupi tubuh akan dapat menyerap nutrisi-nutrisi dengan lebih cepat dan banyak. 

  3. Mengurangi resiko kanker kemih Minum air putih segera setelah bangun tidur sangat penting mencegah infeksi kandung kemih. Semakin banyak air yg Anda minum (sampai batas yg sehat), semakin Anda terlindungi dari berbagai jenis infeksi kandung kemih yg disebabkan oleh toksin.

  4. Memelihara fungsi ginjal Saat cairan tubuh mencukupi, urin akan mengalir bebas, jernih dan bebas bau. Ketika cairan tubuh tidak tercukupi, konsentrasi urine, warna dan baunya akan lebih kentara karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya. Inilah kenapa, jika kita kurang minum air putih, resiko terkena batu ginjal semakin meningkat.

  5. Menjaga kesegaran kulit Air putih mengandung mineral yg bermanfaat bagi kesehatan kulit. Kandungan tersebut dapat membantu menjaga regenerasi sel karena sel-sel kulit mati dapat dihilangkan dan kulit menjadi lembab. Konsumsi air putih banyak bisa mengatasi kulit kering dan keriput.

  6. Mengendalikan kalori Program diet akan berhasil jika anda memilih air atau minuman non kalori sebagai pengganti minuman berkalori. Meminum air putih juga akan mengurangi porsi makan kita karena mudah merasa kenyang.

Untuk hal tersebut masalah air sangat penting untuk di perhatikan agar mendapatkan air yang baik untuk tubuh kita dan tentu masalah air ini harus lebih cepat di tangani di karenakan Air adalah salah satu kebutuhan pokok yang wajib di penuhi.

31 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page