top of page
Cari
  • Gambar penuliswaterpro

7 Waktu Terbaik Minum Air Putih

Diperbarui: 4 Okt 2022




Salah satu cara untuk menjadi sehat adalah dengan minum air putih pada waktu yg tepat, dalam jumlah tepat dan konsisten. Ada beberapa pendapat yg menyatakan bahwa rekomendasi jumlah air yg harus diminum untuk wanita dan pria adalah berbeda. Untuk wanita memerlukan 9 gelas/hari, sedangkan pria memerlukan 13 gelas/hari. Namun, berapapun jumlah air yang harus diminum, pada intinya adalah kita harus dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Karena tanpa adanya konsumsi air yang cukup maka kita akan mengalami dehidrasi atau kekurangan air yang dapat mengganggu kesehatan tubuh kita. Bila terdapat masalah Air maka harus segera di tangani agar dapat menggunakan air pada waktu yang tepat. Selain itu, minum air putih pada waktu yang tepat juga harus dilakukan agar dapat memaksimalkan efektivitasnya pada tubuh. Berikut adalah tujuh waktu yang tepat untuk minum air putih :

  1. Minum 1-2 gelas di pagi hari setelah bangun tidur Ketika kita bangun tidur tubuh kita mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Minum 1-2 gelas air putih di pagi hari setelah bangun tidur juga dapat membakar metabolisme dan membuang racun dalam tubuh.

  2.  Minum 1 gelas sebelum mandi Air putih yg kita minum sebelum mandi juga dapat mencairkan tingkat natrium tubuh sehingga dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

  3.  Minum 1 gelas setengah jam sebelum makan  30 menit sebelum makan adalah waktu yg tepat untuk minum air putih karena dapat membantu pencernaan bekerja lebih baik. Sementara itu, minum air putih selama   atau tepat sebelum atau setelah makan dapat melemahkan cairan pencernaan dan membuatnya bekerja kurang efektif.

  4.  Minum 1 gelas ketika merasa lelah  Kekurangan air pada otak tidak hanya dapat menyebabkan kelelahan, namun juga dapat menyebabkan kabut otak, kehilangan fokus, sakit kepala, marah, depresi, dsb.

  5.  Minum lebih banyak sebelum dan setelah berolahraga  Air dapat mencegah kelelahan. Minum banyak air putih sebelum dan setelah berolahraga juga dapat meningkatkan daya otot tubuh.

  6.  Minum 1 gelas sebelum tidur  Minum segelas air putih sebelum tidur dapat membantu tubuh mengisi kembali cairan yg hilang akibat aktivitas sepanjang hari dan dapat membuang racun yg tidak   diinginkan dalam tubuh. Selain itu, dapat membuat tidur kita terasa lebih nyenyak.

  7.  Minum lebih banyak ketika sakit  Minum air putih saat sakit akan membantu tubuh memperbaiki daya tahannya lebih cepat, sehingga penyakit akan lebih cepat sembuh.



22 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page